ADMINISTRASI SEKOLAH

TEMPAT BERBAGI FILE

RPP Al-Qur’an Hadist Kelas 4 Kurikulum 2013

Pelajaran al-Qur’an Hadist merupakan salah satu pelajaran di SD/MI, pengertian dari Al-Qur’an Hadist sendiri ialah secara bahasa Qara’a mempunyai arti mengumpulkan, sedangkan secara istilah Al-Qur’an merupakan Firman Allah SWT yang menjadi mu’jizat abadi kepada Rasulullah yang dijadikan pedoman bagi umat muslim di dunia maupun di akhirat dan ketika membacanya bernilai ibadah dan berpahala besar. 

Hadist secara bahasa ialah kisah, cerita, pembicaraan. Jadi Al-Qur’an Hadist merupakan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada jenjang sekolah dasar yang bertujuan untuk membimbing, memotivasi, memberikan pemahaman terhadap makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an Hadist sehingga dapat di implementasikan dalam perilaku dan kegiatan sehari-hari sebagai perwujudan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

RPP Al-Qur’an Hadist Kelas 4 Kurikulum 2013

RPP Al-Qur’an Hadist Kelas 4 Kurikulum 2013



Sebagai seorang pendidik sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dalam pembuatan RPP Al-Qur’an Hadist sebaiknya disusun agar semua peserta didik berkesempatan untuk:
  1. Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  2. Belajar untuk memahami dan menghayati apa yang sudah dijelaskan pada Al-Quran dan hadist.
  3. Belajar melaksanakan kewajiban dan tanggunggjawabnya yang sesuai dengan perintah yang terkandung di dalam Al-Qur’an dan Hadist.
  4. Belajar hidup bersama serta manfaat bagi agama dan bangsa.

Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran seorang pendidik harus mempunyai banyak strategi yang bisa digunakan agar peserta didik lebih mudah untuk memahaminya, dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 strategi yang digunakan harus dipertimbangkan dan diperhatikan terlebih dahulu, berikut hal yang harus diperhatikan dalam memilih strategi yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran (Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Standar Proses Pendidikan hal . 129-130):

  1. Pertimbangkan yang berhubungan dengan tujuan yang akan dicapai baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
  2. Pertimbangan yang berhubungan dengan bahan atau materi pembelajaran yang meliputi fakta, konsep, teori, sumber materi yang akan dipelajari.
  3. Pertimbangan dari sudut peserta didik, dapat dilihat dari tingkat kematangan peserta didik, minat, bakat, serta gaya belajar peserta didik. 



Dibawah ini kami menyajikan RPP Al-Qur’an Hadist Kelas 4 Kurikulum 2013

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top