ADMINISTRASI SEKOLAH

TEMPAT BERBAGI FILE

Download Laporan Pengembangan Diri untuk KKG dan K3S Terbaru 2021

Laporan Pengembangan Diri untuk KKG dan K3S Terbaru - Dalam Pelaksanaan kegiatan KKG maupun  K3S haruslah membuat laporan agar bisa dimasukan dalam Dupak PAK Lampiran 1 sebagai salah satu Kewajiban bagi bapak ibu guru yang melampirkan sertifikat. pada kesempatan ini kami akan memaparkan contoh Laporan Pengembangan Diri untuk KKG dan K3S, Hasil KKG dan K3S , Materi KKG dan K3S serta Proposal KKG.

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Pelaksanaan Peraturan Menteri Negara Pendayaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi Nomor : 16 Tahun 2009, yang mulai berlaku 1 Januari 2013. Program ini dengan berfokus pada nilai tambah reformasi guru yang digagas pemerintah, dengan memperkuat hubungan antara proses sertifikasi dan pemberian tunjangan profesi untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran (PMP) dalam percepatan proses pembelajaran siswa. Kondisi pendidikan di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan secara umum masih perlu pembenahan. Mulai dari kualitas kelulusan siswa dan bahkan nilai rata-rata kelulusan pada tingkat Sekolah Dasar masih jauh dari harapan, kualifikasi guru masih  ada yang belum Strata Satu (S.1) sehingga kualitas pembelajaran juga masih perlu peningkatan, masih tingginya kesenjangan kualitas pendidikan di kota dan di desa, serta peran serta masyarakat akan pentingnya pendidikan juga masih sangat minim. Karena itu Peningkatan Mutu Pembelajaran dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dilakukan secara simultan terhadap berbagai pihak yang berkompeten secara langsung, yaitu pengawas, kepala sekolah dan guru. Peningkatan Mutu Pembelajaran pada komponen-komponen tersebut pada ujungnya berimplikasi terhadap peningkatan kualitas lulusan siswa sebagai outputnya. Pada tataran implementasinya kegiatan Peningkatan Mutu Pembelajaran tersebut haruslah memenuhi standar-standar mutu yang telah ditetapkan.
Di dalam Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, halaman 31 disebutkan bahwa Kegiatan KKG dan MGMP merupakan kegiatan wajib semua guru pada setiap jenjang jabatan sebagaimana telah diatur dalam Rambu-rambu Penyelenggaraan KKG/MGMP. Dalam 1 tahun, guru diwajibkan mengikuti kegiatan KKG/MGMP paling sedikit 12 kali pertemuan (dapat berarti dalam setiap bulan ada 1 kali pertemuan) dalam beberapa paket kegiatan. Setiap 1 paket kegiatan paling sedikit memerlukan 3 kali pertemuan.
ntuk itu Kelompok Kerja Kepala Sekolah Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Kecamatan Toroh yang merupakan salah satu Kelompok Kerja Kepala Sekolah yang berada di Kabupaten Grobogan  turut berbenah untuk mencapai tujuan program tersebut dengan Peningkatan Mutu Pembelajaran.

B.     Tujuan
                  Tujuan Umum dari hasil Kelompok Kerja Kepala Sekolah adalah  sebagai Pedoman untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

               Tujuan Khusus Kelompok Kerja Kepala Sekolah, adalah :
1.      Memfasilitasi Kepala Sekolah dan Guru untuk mencapai standar komptensi profesi yang telah ditentukan.
2.      Memfasilitasi Kepala Sekolah dan Guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya.
3.      Memotivasi guru-guru untuk memilikim komitmen melaksanakaan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga professional.
4.      Mengangkat citra, harkat dan martabat profesi guru, rasa hormat dan kebanggaankepada penyandang profesi guru.


C.     Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari kegiatan pengembangan diri ini adalah :
1.       Bagi Siswa
                        Siswa memperoleh jaminan kepastian  mendapatkan pelayanan dan
                       pengalaman belajar yang efektif untuk meningkatkan potensi diri  secara  optimal melalui penguasaan iImu pengetahuan dan teknologi  serta  memiliki jati diri   sebagai pribadi luhur sesuai nilai keluruhan bangsa.

2.      Bagi Guru
Pengembangan Diri memberikan jaminan kepada guru  menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta kepribadian yang kuat sesuai dengan profesinya yang bermartabat, sehingga  mampu menghadapi perubahan internal dan eksternal dalam kehidupan  abad 21 selama karirnya.

    1. Bagi Sekolah/Madrasah
Pengembangan Diri memberikan jaminan terwujudnya sekolah  sebagai organisasi pembelajaran yang  efektif dalam meningkatkan kompetensi,  motivasi, dedikasi, loyalitas, dan  komitmen  pengabdian  guru  dalam  memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada siswa.

    1. Bagi Orang Tua/Masyarakat
Pengembangan Diri memberikan jaminan bagi orang tua  dan masyarakat  bahwa sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya masingmasing anak mereka di sekolah memperoleh bimbingan dari guru-guru yang mampu bekerja secara  profesional dan penuh tanggung jawab dalam mewujudkan  kegiatan  pembelajaran  efektif, efisien sesuai dengan  kebutuhan masyarakat lokal, nasional dan global.

    1. Bagi Pemerintah
Dengan kegiatan Pengembangan Diri, pemerintah mampu memetakan kualitas layanan  pendidikan sebagai upaya pembinaan, pengembangan, dan peningkatan kinerja guru serta pembiayaannya dalam rangka  meningkatkan  kualitas antar sekolah sejenis dan setingkat.



  
BAB II
LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI 

A.  Tujuan dan  Alasan Mengikuti Kelompok Kerja Kepala Sekolah
     1. Tujuan Mengikuti Kelompok Kerja
           Kelompok Kerja Kepala Sekolah Unit Pelaksana Tenik Dinas Pendidikan Kecamatan Toroh Kabupeten Grobogan, adapun  tujuan pemberdayaan Kepala Sekolah dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah adalah sebagai berikut:
1.         Meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah.
2.         Memecahkan masalah-masalah yang hadapi Kepala Sekolah di tempat tugas dan dalam pembelajaran di dalam kelas;
3.         Meningkatkan kemampuan anggota Kepala Sekolah untuk melakukan
       Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)
4.         Meningkatkan  kemampuan  ICT  anggota  Kelompok  Kerja  Kepala    
       Sekolah;
5.         Memberikan pengakuan pengalaman kerja dan hasil belajar dengan
       memberikan Surat  Keterangan  kepada  anggota   Kelompok   Kerja
       Kepala Sekolah yang telah mengikuti kegiatan.

      2.Alasan Mengikuti Kelompok Kerja Kepala Sekolah
           Agar nantinya  tidak akan menemui kesulitan dalam menyusun bukti fisik   untuk usul Penilaian Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.







B. Isi Kegiatan  Pengembangan Diri
No
MATERI
PERTEMUAN
PENYAJI
A
MATERI UMUM


1
Kebijakan Dinas tentang Kegiatan Kolektif Guru
1
Kepala  UPTD
B
MATERI POKOK


1
2
3
4

Penilaian Kinerja Guru
Media Pembelajaran
Pembelajaran PAIKEM
Pengembangan Keprofesian Berkelajutan                                  
3
3
3
3

Guru Pemandu
Guru Pemandu
Guru Pemandu
Guru Pemandu

C
MATERI PENUNJANG


1
ICT
1
Guru Pemandu

JUMLAH PERTEMUAN
14


C.Tindak Lanjut
a.       Memberi laporan kegitan kepada yang memberi tugas paling lambat 7 hari setelah berakhir.
b.      Mempersiapkan diri membuat Bukti fisik Kegiatan Pengembangan Diri untuk Penilai Penetapan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

D.Dampak Setelah Mengikuti Kegiatan
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Kepala Sekolah mampu menyusun Bukti Fisik Pengembangan Diri sebagai peserta Kegiatan Kolektif Guru.
b.      Kelompok Kerja Kepala Sekolah mampu menyusun Bukti Fisik Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)





BAB III
PENUTUP
A.     Simpulan
       Pelaksanaan pengembangan diri diikuti oleh pendidik, pada dasarnya akan berdampak pada kegiatan pembelajaran maupun peningkatan kompetensi pendidik itu sendiri. Tetapi sangat perlu untuk diprogramkan secara terencana sesuai dengan kebutuhan angka kredit jabatan fungsional guru.

B.     Saran
1.      Bagi Guru
Guru yang dapat merencanakan pengembangan diri yang akan menunjang kebutuhan angka kreditnya.
2.      Bagi Sekolah
Sekolah wajib memfasilitasi dalam bentuk kebijakan program agar setiap guru dapat mengikuti pengembangan diri
3.      Bagi UPTD/Dinas Pendidikan
UPTD/Dinas Pendidikan hendaknya memberikan sosialisasi atau memberikan kebijakan terkait dengan pengembangan diri bagi guru


Laporan Pengembangan Diri untuk KKG dan K3S Terbaru
Download :




Demikian yang bisa kami bagikan bila dalam penulisan kurang pas kami mohon maaf.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top